[3][teknologi][slider-top-big][Technology]
You are here: Home / , , , , Membuat Katup Limbah Pompa Hidram

Membuat Katup Limbah Pompa Hidram

| 28 Comments


"kami coba membuat hydram cuman kami kesulitan untuk membuat tuas klep buangan dan klep yang ketabung udara mohon dikirimi gambar dan syukur ada fotonya"

Artikel ini adalah respon balik untuk berbagi pengalaman dalam membuat Pompa Hidram sendiri, artikel-artikel tutorial membuat Pompa Hidram dari pipa besi sebelumnya memang tidak secara detail menceritakan bagaimana membuat katup limbahnya, baik yang ada di bagian pompanya atau menuju tabung.

Ban Bekas

Mengenalkan teknologi alternatif  kepada masyarakat desa, penting dan perlu memperhatikan masalah 'perawatan rutin', kerumitan teknologinya, ketersediaan bahan baku dan penggantian perangkat yang mudah aus atau rusak.  Seringkali saya mendapatkan email yang menanyakan "berapa harga pompa hidram ini di pasaran?", bagaimana kalo saya beli saja?.  Setiap kali juga selalu saya sarankan untuk membuat saja sendiri, panduannya dapat dilihat lengkap klik disini.  Setidaknya dengan membuat sendiri, kita juga belajar tentang proses kerja pompa ini dan memungkinkan untuk memodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Katup buang dan katup simpan pada bagian pompa hidram

Pompa Hidram buatan sendiri ini sangat murah jika dibikin sendiri, termasuk juga tentang perawatannya. Bagian penting yang perlu diganti jika sudah mulai menipis karena gesekan adalah pada Katup (klep) Pompa Hidram yang terbuat dari ban bekas. Ada 2 (dua) bagian katup pompa hidram, yang pertama bagian katup limbah dan katup tabung.

Membuat Katup Limbah Hidram




Dibagian pembuangan limbah inilah yang umumnya sering mengalami penggantian,  dari pengalaman menggunakan pompa ini, setidaknya tiap 3 bulan selalu mengganti karet pada tuas hidram ini.  Tuas hidram yang selalu bergerak naik turun dan mengeluarkan limpahan air, menyebabkan tabrakan antara karet dengan dinding buangan sehingga menyebabkan keausan.

Karet Katup,  pada nomor 4 di gambar atas adalah terbuat dari ban luar, anda bisa menggunakan dari ban bekas mobil atau motor.  Prinsipnya adalah diameter lingkaran ban bekas tersebut dapat menutup dinding buangan, sehingga dapat memperlancar arus air menuju tabung. Mur penjepit atas-bawah dipergunakan dengan maksud untuk menghambat pergerakan karet katup. Untuk tangkai katup, karena yang dibutuhkan bagian bawahnya memiliki ulir untuk mur, tinggal beli di toko bangunan baut panjang sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Membuat Katup Tabung

Tahap pertama, anda harus membuat lempengan logam berbentuk lingkaran sesuai dengan ukuran lingkar tabung, pada bagian tengahnya diberi beberapa lobang kecil tidak beraturan, silahkan lihat pada gambar dibawah ini.



Tahap kedua, lempengan tersebut akan dipasang diantara sambungan pipa dan tabung seperti pada gambar bagian bawah ini.



Tahap Ketiga,  selanjutnya anda harus membuat karet katup dari bahan tipis ban dalam,  jika dirasa terlalu lemas bisa dirangkap menjadi dua bagian atau memang dicari bahan yang sedikit keras tapi tidak terlalu tebal.



Karet katup yang sudah dibikin dari karet ban bekas, selanjutnya dijepit dengan baut dan mur (di bagian lobang dengan warna merah).

Silahkan dicoba tutorial singkat dan sederhana ini, mohon maaf sebelumnya kalo istilah-istilah yang saya bikin tidak sama persis dengan istilah pasaran.. hehehe.

peringatan : jangan bikin katup hidram ini kalo gak berniat bikin pompa hidramnya yah..hehe

Tambahan:
Berkat bisa berkenalan dengan pak Fenani dari USAKTI,  karenanya saya bisa mendokumentasikan tiga jenis katup yang beliau pernah coba.  Silahkan dicermati gambar hasil jepretan kamera pocket digital.



1. katup dengan per   2. katup dengan baut  dan 3. beli pabrikan

Katup Hidram