[3][teknologi][slider-top-big][Technology]
You are here: Home / , , , Hydram Botol Plastik dan Klep Tabo

Hydram Botol Plastik dan Klep Tabo

| 42 Comments


Masih diseputar pompa air yang tidak perlu repot menggunakan bahan bakar minyak atau listrik. Membuat sendiri pompa hidram, hari genee sudah bukan jadi hambatan lagi, khususon dari segi pembiayaan. Menggunakan bahan dari paralon untuk badan utamanya, sementara tabungnya cukup dengan botol plastik bekas. Anda beli botolnya, bonus isinya, tapi gak perlu bilang ke penjualnya "beli botol plastik untuk pompa hidram ada gak pak?"
Sebelum berlanjut, Sesuai masukan Bang Khairdin Pramana Jaya. Tulisan ini adalah pengembangan dari pembuatan Hidram Paralon yang pernah dibikin oleh Pak Eko Prasetyo. Jika menginginkan panduan lebih lengkap lagi silahkan ke artikel Hydram Pump dengan Paralon dari Ciwidey


Inilah sosok utuh dari Pompa Hidram dengan menggunakan botol plastik sebagai tabung udaranya dan klep tabo untuk klep buangnya. Kebetulan dibuat dengan ukuran pipa input air 1 inchi dan outputnya 1/2 inchi.




Rekrontruksi Klep Tabo
Judulnya dibuat lebih garang, biar kesannya serius.. yang perlu anda perlakukan dengan klep tabo ini adalah cukup membuat tangkai tambahan sebagai pengontrol gerak katup. Sekilas tampak seperti efek "Sundel Bolong" yaa..?? iya gak sih??. Terima kasih tak terhingga untuk Abang Hasan Basri yang banyak membantu dan memecahkan masalah-masalah teknis yang tidak saya kuasai, mulai dari membuat efek bolong pada klep hingga bisa dimainkan.



Yang nampak pada bagian atas adalah Klep Tabo yang dipasang pada bagian Klep Buangan Limbah pada pompa Hidram. gambar sebelah adalah modifikasi dari penutup pipa paralon.



Klep Tabo yang dipergunakan sebagai limbah buangan ini termasuk bagian dari modifikasi fungsi. Fungsi yang seharusnya adalah untuk klep hisap, tapi dengan memasangnya terbalik dan modifikasi tangkai diharapkan juga bisa digunakan untuk limbah buangan.
Modifikasi fungsi dari Klep Tabo untuk limbah buangan ini sebenernya untuk penghematan biaya. Kalo beli klep yang sebenernya disamping rada mahal harganya juga susah mencari dit toko-toko seputar Depok. 
Berikut Bang Hasan Basri akan memperlihatkan bagaimana dahsyatnya botol plastik dan klep tabo gubahannya ini, silahkan disimak dengan seksama.