[3][teknologi][slider-top-big][Technology]
You are here: Home / , , , , Paralon Hydraulic Ram

Paralon Hydraulic Ram

| 23 Comments


Karena penasaran dan banyaknya pertanyaan masalah teknis seputar pompa hidram yang dibuat dari paralon oleh pak Eko Prasetyo. Gak ada pilihan lagi, saya putuskan buat aja sendiri apalagi karena dorongan dari Iis Sabahudin yang ada kendala dengan pompa paralonnya yang dibangun di Palangkaraya.

Membuat pompa hidram sendiri di rumah?, semata pengen menjawab permasalahan yang dihadapi @che_sabahudin dengan praktek dan eksperiman membangun hidramnya di Palangkaraya. Inilah tantangan kita hari ini, hasil prosesnya saya tampilkan dalam rekaman video dibawah ini.


Tantangannya pada bagian klep buangnya

Setelah melihat video eksperimen diatas, agan make klepnya dari jenis klep hisap tanpa dipermak sama sekali (bawaan pabrik), yang nampak dipompa perlakuannya hanya membalik posisinya.



Pada percobaan pertama saya, juga karena gak pernah bikin pompa dari paralon dan dengan diameter kecil, kami mengulang kesalahan yang sama. Menggunakan dua klep hisap dengan dipasang saling berbalik. Alhasil... mengulang kesalahan yang sama, bedanya satu di Palangkaraya dan saya di Depok.. hehehe memang cara belajar yang efektif adalah Belajar dari Kesalahan.

Setelah mencoba tanya sana sini via Kompas congor, petunjuk dari pak Eko Prasetyo memberikan beberapa informasi, bahwa dipasaran tersedia klep buang siap pake, ciri-cirinya juga mirip dengan klep hisap tapi tidak menggunakan per. Sayangnya saran ini tidak bisa kami terapkan, rupanya gak mudah juga nyari barangnya meski duit sudah tersedia di Bank.



Untungnya ingat cerita kancil (sebenernya gak nyambung sih sama cerita bikin pompa), salah satu klep hisap yang sudah dibeli harus dipermak, yang intinya kami inginkan adalah cara kerja terbalik, jadilah rekayasa ini seperti gambar.
Klep Hisap. Jika anda mencari klep hisap, sebaiknya cari yang bahannya tidak dari plastik, karena mudah sekali pecah (seperti tampak dalam photo atas kiri). Pilih yang semua berbahan dari kuningan/besi. Atau juga bisa menggunakan jenis klep Tabo



Rekayasanya cukup mudah, tinggal menambahkan baut panjang dan mengganti karet klep lebih berat dengan menambahkan ring atau bahan karet lainnya. Dan yang lebih penting harus dipastikan tidak akan bocor.



Jika anda kesulitan, sebagai alternatif membuat klep buang ini bisa juga meniru desain klep yang dibuat oleh Mas Mulyanto di artikelnya Membuat Pompa Hydram yang menggunakan bahan lebih hemat karena dibuat sendiri.





Tidak kurang dari seminggu dibulan ramadhan ini gak bisa tidur tenang karena pada proses awal belum berhasil. Tapi kesabaran dan hasil ihtiar uji coba dan cobi ini berbuah dan silahkan dilihat pada tampilan video dibawah ini.


Paralon Ram Pump from Jusron Faizal on Vimeo.